Cerita ttg H2, serial Jepang yang baru selesai aku liat


Ahh…akhirnya selesai juga liat serial jepangnya. Seru abis deh!!! Judulnya H2…!!!
Mungkin di TV Indonesia belum diputer. Soalnya, kayaknya serial ini tergolong baru juga di negaranya, Jepang. Aku juga dapet copyan serial ini dari temenku, Tatang. Kebetulan dia kuliah di Sastra Jepang. Jadi, dia lumayan punya banyak koleksi film2 dan serial2 Jepang yang baru. Aku harap si bisa di puter di Indonesia segera. Bagus lo jalan ceritanya. Yah, walaupun mungkin jalan ceritanya hampir sama ma serial2 yang lain. Yang pasti ada kisah percintaannya, tapi bedanya juga ada kisah persahabatan, dan yang jadi inti serial ini adalah kisah perjuangan para pemainnya di dunia baseball. Ceritanya juga gak panjang kaya sinetron Indonesia. He2. kaya umumnya serial2 jepang lain, yang notabene punya sedikit episode. H2 ini punya 11 episode.

Jadi, lakonnya H2 ini namanya Hiro Kunimi. Dia punya sahabat namanya Noda sama Hideo Tachibana. Mereka satu SMP, sama2 suka main baseball, dan sama2 jago main baseball. Hiro sebagai pitcher, Noda sebagai catcher, dan si Hideo sebagai batter. Mereka terkenal di juara tournament nasional kelas murid SMP pada zamannya. Tapi, tiba2 vonis dokter yang menyatakan bahwa lengan Hiro dan Noda mengalami cidera membuat mereka berhenti main baseball. Sampai akhirnya mereka semua masuk SMA. Hiro dan Noda sekolah di SMA yang sama ( Senkawa High School ), dan Hideo sekolah di SMA Meiwa. Hiro pun beralih jalur menjadi pemain sepak bola di sekolah barunya, sedangkan Noda menjadi jurnalis di majalah sekolah. Cidera mereka yang membuat mereka beralih profesi. Sedangkan Hideo tetap melaju dengan mantapnya di club baseball sekolahnya.

Cerita ini ga Cuma ttg baseball, tapi juga ada kisah cintanya. Hiro yang punya sahabat kecil sekaligus jadi cinta pertamanya, Hikari Amamiya, jadi patah hati gara2 sahabatnya itu jadian dengan sahabatnya, Hideo. Kebetulan Hideo dan Hikari satu sekolah. Tetapi, Hiro sebagai pria yang introvert, cuma bisa memendam rasanya. Sampai akhirnya, dia bertemu seorang gadis manager club baseball di sekolahnya, Haruka Koda. Gadis manis, pintar, kaya, ceria, tapi sekaligus sangat ceroboh. Jadi, cerita ini akan berputar masalah baseball dengan di bumbui kisak persahabatan dan percintaan. Bisa ditebak kan…??? Nantinya akan ada cinta segi4. Hideo dan Hikari yang saling cinta. Hiro yang masih suka sama Hikari, tapi bingung juga akan perasaannya terhadap Haruka. Sedangkan, Haruka begitu mencintai dan perhatian terhadap Hiro. Kemudian, Hideo rupa2nya tahu bahwa pacarnya, Hikari ternyata juga mencintai Hiro. Nah lo….bingung kan…??? Liat aja sendiri kali biar ga bingung…hee…

Hidup Hiro dan Noda mulai berubah semenjak teman satu tim sepak bola mereka, Kine mengajak Haruka taruhan. Kine mengajak teman2 tim sepak bolanya bermain baseball melawan tim baseball. Jika tim sepak bolanya menang, maka Haruka, yang merupakan manager tim baseball harus berpindah menjadi manager tim sepak bola. Semua itu Kine lakukan karena Kine menyukai Haruka. Haruka pun mengiyakan ajakan tersebut. Pertandingan itu rupanya membawa nasib baik terhadap Hiro, Noda, dan Kine. Tim baseball kalah karena para pemainnya sangat payah dalam bertanding. Tetapi, Haruka tidak menjadi manager tim sepak bola, melainkan Hiro, Noda, Kine yang pindah ke tim baseball. Mereka merasa rindu bermain baseball. Pertandingan ini palah menjadi ajang penemuan para pemain hebat terdahulu, yaitu Hiro, Noda, dan Kine yang dengan alasan tertentu berhenti bermain baseball. Dalam waktu yang singkatpun mereka menjadi terkenal di sekolahnya. Tetapi, Hiro dan Noda tidak bisa bermain lebih lama lagi di tim baseball sekolah dikarenakan cidera yang mereka derita. Tetapi, tiba2 berita baik muncul. Ternyata dokter yang memvonis mereka merupakan dokter gadungan. Ternyata, Hiro dan Noda tidak mengalami cidera apapun.Akhirnya mereka pun bermain di club baseball sekolah mereka. Rupanya, mereka harus bekerja keras karena club baseball mereka merupakan club ilegal ( tdk diketahui oleh kepala sekolah ), dan para pemainnya pun kurang terasah kemampuannya. Mereka pun akhirnya berjuang ke hadapan kepala sekolah untuk menyetujui berdirinya club mereka, dan mengikut sertakan club mereka ke ajang tournament baseball bergengsi di Jepang, Koushien. Rupanya kepala sekolah tidak menyukai adanya club baseball di sekolah, dikarenakan alasan pribadi dia semata, kisah trauma dirinya sendiri karena kekalahannya di pertandingan baseball bergengsi terdahulu.
Tapi, perjuangan mereka membuahkan hasil. Perjuangan mereka mencari pemain2 berbakat di sekolah mereka, membentuk strategi, berlatih keras, dan akhirnya memenangkan pertandingan antar SMA membuat hati kepala sekolah luluh. Kepala sekolah pun berganti haluan menjadi pendukung besar club baseball, karena dia melihat kenyataan bahwa siswa2nya berbakat dan memiliki semangat yag besar untuk melaju ke Koushien.

Mereka pun menunjuk kakak lelaki Haruka menjadi pelatih mereka. Ternyata kakak Haruka, Koga dahulunya pemain baseball berbakat yang memutuskan untuk pensiun.
Perjuangan mereka terus berlangsung, suka duka dalam pertandingan, yaitu kalah dan menang pun mereka rasakan. Sampai akhirnya, di pertandingan musim panas Koushien, pertandingan terakhir mereka di SMA pun datang, karena sebentar lagi lulus dai SMA.
Hiro, Noda, dan tim baseballnya mau tidak mau harus berhadapan dengan sahabat mereka sendiri, Hideo. Tetapi, rupa2nya Hiro dan timnya yang memenagkan pertandingan tersebut. Walaupun, mereka bersahabat erat sekali, mereka tetap memegang teguh apa artinya sebuah sportivitas. Walaupun, tim mereka merupakan lawan, mereka tetap saling mendukung satu sama lain. Di episode2 akhir, Hideo yang sadar bahwa pacarnya, Hikari memiliki perasaan khusus terhadap Hiro memberi pilihan untuk memilih Hiro atau dirinya. Tetapi, akhirnya Hikari tetap memilih Hideo, dan menyayangi Hiro sebagai sahabat kecilnya. Hikari kemudian memutuskan untuk kuliah jurnalistik di luar negeri. Haruka yang menyangka Hiro masih mencintai Hikari, memilih menghindari Hiro. Tetapi, yang sangat mengejutkan di akhir cerita, Hiro yang super duper cool plus introvert banget, tiba2 menyatakan cintanya pada Haruka.

Yang bisa kita garis bawahi sekaligus segi positifnya dari serial ini adalah sikap sportivitas para pemainnya. Mereka selalu bersaing secara sehat. Trus, walaupun ada kisah cinta yang rumit diantara mereka semua di setiap jalan cerita, tetapi tidak merubah sikap sportif mereka, dan persahabat mereka pun tetap baik2 saja. Palah mereka tetap saling mendukung dan rukun. Mereka yakin bahwa persahabatan mereka adl utk selamanya, dan mereka yakin keputusan apapun yang di ambil satu sama lain itu merupakan jalan hidup yang mereka pilih bagi kebaikan hidup dan masa depan masing2.

Walaupun di sepanjang serial ini penuh dengan adegan bermain baseball, tp selalu terselip kisah cinta dan lawakan2 antara pemain. Aku bilang H2 ini punya pemain yang variatif. Dari Hiro yang introvert, cuek, cool banget, hobi makan permen lolypop. Ngomong dan senyumnya jarang banget, tapi sekali ngomong menyentuh banget kata2nya. Sekali dia senyum juga Gubbbbraaakkk!!! Manis pokoknya. Tapi, walaupun dia pemeran utama di H2, lantas dia jadi a perfect boy di serial ini. Kurangnya, dia susah menyatakan apa yang ada dlm pikirannya, ga malu buat nangis di dpn orang, dia mengalami pertumbuhan tinggi badan yang kurang sempurna waktu SMP. Jadi, di bandingkan Hideo dia termasuk ga tinggi2 bgt. Ada lagi, dia suka liat2 majalah dewasa. Hee2… trus, Noda yang mukanya lucu, berkaca mata kaya Nobita tapi selalu bisa jadi penasihat Hiro dan Hideo. Dia juga yang menyatukan Hiro dan Haruka. Hideo yang punya badan tinggi, murah senyum, plus ganteng. Selalu bijak dan sangat setia kawan. Pemain2 lain juga ga kalah seru kaya Kine, yang sableng abis, sok jagoan tapi dia bisa membuktikan bahwa dirinya baik dalam bermain baseball. Haruka yang ceria dan sedikit ceroboh. Tingkah2 cerobohnya buat kita ketawa, tapi sikapnya trhdp Hiro patut di acungi jempol. Cinta nya yang besar buat dia rela selalu mendukung Hiro, dan mau bekerja keras di timnya ( dari cuci bau para pemain, menyediakan keperluan club ). Padahal dia anak konglomerat di Tokyo. Haruka yang dewasa sekali. Dia tidak akan mengangis di saat sedih, tetapi akan menagis saat dia bahagia. Dia sangat tegar sekali.

Dan seperti serial2 Jepang pada umumnya, banyak pemain2 yang mukanya cool dan lucu. Tapi, asyiknya serial ini sederhana banget dan real banget. Seperti baju2 yang digunakan pemain sederhana sekali, setting tempat2 nya pun umum seperti rumah, sekolah, jalan kaki/naik sepeda ke sekolah. Jauh dari kesan glamour. Misal seperti Haruka dan Pak Koga yang berasal dari keuarga kaya, tetap menunjukkan sikap sewajarnya dan pakaian yang umum dengan orang lain. Itu yang membuat serial ini real banget dengan kehidupan nyata. Gak hiperbola deh pokoknya.

Ada scene yang menarik dimana para pemain lulus dari SMA, dan mereka berfoto bersama. Menurutku itu mengharukan, ditambah dengan set backsound nya yang buat terharu. Kayaknya berpisah dengan cara yang membahagiakan akan lebih menyedihkan. Mereka semua berbahagia karena mereka semua akan meneruskan ke universitas, Hiro sudah dikontrak oleh club baseball ternama, Haruka diterima di sekolah pramugari.

Endingnya yang jelas Hiro jadian ma Haruka. Noda punya pacar juga akhirnya. Hiro dan Hideo jadi pemain baseball terkenal, dan mereka siap berlaga di tingkat yang lebih besar lagi,yaitu Mayor Leagues di Amerika. Haruka jadi pramugari, Hikari jadi jurnalis, sesuai mimpi mereka.

Bagus gak menurut kalian….kalau menurutku kok bagus dan berkesan banget yaa…banyak pesan2 baik yang bisa dipetik. Aku sampai ga bosen buat ngulang2 liatnya.

Kalau bagus….pada liat aja….judulnya “ H2 “…..!!!

Gak bakal nyesel dan rugi….!!!

2 comments:

telsy said...

ada komiknya juga lho..lucu bgt...

megumi said...

Iya aku juga tahu...hehehe........

Find Me on Instagram