JacksGap and The Power of A Story Telling

Jack Harries and Finn Harries
Berawal dari senangnya saya melihat-lihat video kreatif yang ada di berbagai macam channel YouTube, kenallah saya dengan salah satu channel yang sangat menarik dan inspiratif menurut saya, JacksGap. JacksGap adalah salah satu channel di YouTube yang dimiliki dan dijalankan oleh dua saudara kembar dari Inggris, Jackson Frayn Harries atau yang lebih dikenal dengan Jack Harries dan Finnegan Frayn Harries atau yang lebih dikenal dengan Finn Harries. Ketertarikan saya pada channel yang mereka jalankan membuat saya pun senang mengikuti aktivitas mereka di media yang lain, terutama Instagram dan blog mereka. Mereka pun aktif di banyak lini seperti Twitter, Skype, dan lain-lain. Blog mereka pun sangat menarik. Selain membagi foto-foto kegiatan mereka dalam melakukan project mereka, mereka pun selalu melengkapinya dengan tulisan cerita pengalaman mereka, dan yang lebih menarik lagi adalah video blog yang disambungkan dengan channel YouTube mereka.

Keseruan Finn dan Jack di channel mereka, JacksGap
Jack dan Finn yang lahir pada 13 Mei 1993 ini pertama kali membuat channel ini pada Juli 2011 ketika mereka lulus sekolah menengah atas. Di kala mereka menantikan saat untuk mulai kuliah, saat-saat luang ini (gap) mereka gunakan untuk melakukan hobi mereka, yaitu membuat video. Akhirnya channel JacksGap pun dibuat dengan tujuan awal untuk mendokumentasikan masa-masa itu (Jack’s Gap Year). Kenapa diberi nama JacksGap karena memang awalnya Jacklah yang menjalankan channel ini. Tak lama kemudian, Finn, saudara kembarnya ikut bergabung. Bergabungnya Finn membuat JacksGap memiliki jumlah subscriber yang lebih banyak. Peningkatan jumlah subscriber pada saat itu mencapai dua kali lipat.
Finn and Jack
JacksGap menarik untuk diikuti bukan hanya karena pesona Jack dan Finn sebagai remaja pria yang menarik dan atraktif, tema-tema yang mereka sajikan pun memang menarik. Dalam channelnya, mereka menceritakan kesehariannya dalam bentuk cerita dan video. Pada September 2012, channel mereka memiliki 190.000 subscribers dan pendapatan yang mereka dapatkan dari iklan per klik di channel mereka mampu membiayai perjalan mereka ke Thailand. Dengan penghasilan yang makin baik, mereka makin rajin membuat segmen dalam channel mereka. Misalnya, cerita menarik perjalanan mereka ke suatu tempat, ‘Shed Session’ di mana Jack dan Finn mengajak musisi kenalan mereka untuk bernyanyi dan bermain musik dengan setting gudang gubuk tua yang mereka pinjam dari tetangga, ‘Following Heart’ di mana mereka menghadirkan orang inspiratif yang bekerja berdasarkan passionnya dan bermanfaat bagi orang lain, ‘Opening Mail’ di mana Jack dan Finn akan membaca surat dari para penikmat channel mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan melalui surat tersebut, ‘Newest Project’ yang menginfokan project terbaru mereka, ‘Collaborative Project’ di mana mereka akan meminta para pengikut channel mereka untuk memberikan pendapat mereka tentang tema tertentu dalam bentuk video dan mereka akan menggabungkan video-video pendek tersebut ke dalam satu video yang akan ditayangkan di channel mereka, dan ‘Good Collective’ di mana Jack dan Finn akan menggunakan kameranya seperti mereka menggunakan helm, berkeliling ke banyak tempat menarik, dan menghasilkan video yang unik dengan sudut pandang yang unik pula.


Shed Session, Music Time
Proses pengambilan video untuk segmen 'Shed Session' di sebuat gudang gubuk tua



Good topic to discuss

Berawal dari pengambilan gambar dalam kamar Jack, kini Jack dan Finn mampu mengajak orang lain sebagai timnya yang membantu mereka mengolah video dan akhirnya akan diunggah di channel mereka serta memiliki kantor di luar rumah sebagai tempat mereka bekerja. Menarik sekali! Ini tak lagi hanya sekedar hobi atau keisengan mereka. Prestasi pun berhasil mereka dapatkan pada tahun 2014 pada sebuah ajang penghargaan untuk channel, yaitu 'Screenchart!' Dalam ajang  ini, JacksGap menang dalam dua kategori. Yang pertama adalah “Best Directing for The Channel” dan yang kedua adalah “Best Mini-Series/Short Film , The Rickshaw Run”.
JacksGap's team
Kini Finn pindah ke New York untuk kuliah di bidang design and architecture setelah beberapa tahun menunda kuliahnya. Tapi, dia masih menjadi bagian dari JacksGap dan masih membantu Jack dan timnya jika dibutuhkan. Di ulang tahun mereka tahun ini, Jack dan Finn mengajak orang-orang untuk mendonasikan uang. Mereka pun berhasil mengumpulkan uang dan memberikan air bersih kepada lebih dari 200 orang yang membutuhkan air bersih. Dua remaja 22 tahun ini pun berhasil mengubah kehidupan 200 orang.
Collaborative Project
Mereka pun aktif dalam ‘Campaign We Love’.  Jack dan Finn membagikan semangat dan kepercayaan mereka akan kekuatan sebuah cerita/kisah. Mereka pun menggunakan platform yang mereka miliki untuk membahas topik-topik menarik seperti kepercayaan, ketakutan, dan cinta yang termasuk bagian dari ‘Collaborative Project’. Mereka pun sebisa mungkin bepergian ke banyak tempat dan membagikan kisah-kisah perjalanan mereka, tempat-tempat menarik, orang-orang hebat yang mereka temui selama perjalanan, dan juga nilai-nilai baik yang mereka dapatkan dari perjalanan tersebut.
Jack and his camera
Usaha mereka begitu mengesankan menurut saya. Saya pun banyak belajar dari apa yang mereka lakukan. Banyak pelajaran hidup yang bisa saya dapatkan dengan mengikuti channel mereka ini. Antara lain, belajar untuk terus melakukan apa yang kita cintai dengan serius dan sungguh-sungguh, melakukan sesuatu berdasar kata hati (seperti tujuan dibuatnya segmen ‘Following Heart’), berani melakukan sesuatu yang bisa menginspirasi orang lain dengan cara berbagi melalui berbagai macam media (bercerita, video, tulisan, musik, atau pun ajakan), dan melihat dunia dengan lebih luas. Saya percaya dan terus belajar untuk melihat dunia dengan lebih luas. Dengan begitu, akan ada lebih banyak hal yang dapat dipelajari dan dipahami lebih dalam dengan lebih banyak kemungkinan dan perspektif. Dengan begitu pula, kita akan terus belajar untuk menghargai keberagaman yang ada di sekitar kita.
Travel around the world
Mari terus melakukan perubahan dengan sekecil apapun usaha yang bisa kita lakukan :)

“They believe in the good of humanity, the power of people, the power of a story and they can change the world.” (Campaign We Love-JacksGap)




(Resty Amalia)

#NulisRandom2015 #MenulisSetiapHari

6 comments:

PutriKPM said...

Ganteng banget yaaaa :3 gara - gara ini aku jadi langsung buka youtube buat ngecek video mereka :"))))

Resty Amalia said...

Iyaa, Put... Hehehehe..... Mereka berdua kreatif dan inspiratif juga. Aku rajin banget ngikutin video, blog, sama akun sosial medianya. Banyak hal baru yang bisa dipelajari juga :-)

Keke Naima said...

ganteng-ganteng, ya :D

Resty Amalia said...

Iyaa, kembar ganteng mereka.... :-)


Unknown said...

Kirain Jack GAP (Gay and Proud) Haha. Ternyata sodara kembar toh.

Salam

Unknown said...

Kirain Jack GAP (Gay and Proud) Haha. Ternyata sodara kembar toh.

Salam

Find Me on Instagram