Creative Talk with An Awesome Movie Maker, Angga Dwimas Sasongko

photo credit: telunjukjempol


A Moment to Remember: 10 November 2016

After met and interviewed an awesome and inspiring movie director, Angga Dwimas Sasongko. 



Yang saya kagum selama ngobrol dan ikutan diskusi dengan Mas Angga adalah he's a humble person, pengetahuannya luas, dan cerdas. Makin tahu kenapa saya selalu merasa dekat dan ketarik oleh film-film yang Mas Angga buat. Film-filmnya buat saya selalu simple, sederhana, namun manis kalau saya bilang. 

Ternyata, dari hasil sharingnya, Mas Angga bercerita bahwa dia selalu punya teknik/treatment tersendiri untuk tiap filmnya. Dia pun selalu mengambil jarak dengan aktor ketika membuat film, sehinga dia bisa objektif. Caranya meletakkan kamera pun ternyata natural dan ditempatkan bukan sebagai sutradara yang merekam adegan dengan kamera, namun kamera yang bisa menangkap bagaimana para aktor merasakan keadaan dan membaui suasana. 

Great director creates great movies. Yours are in the list. 

Kalimat di percakapan tadi yang masih terekam baik sampai sekarang, saya tidak terlalu ingat tepatnya, tapi kurang lebih intinya adalah 

"Salah satu ciri film yang baik adalah yang bisa menciptakan sebuah kesederhanaan. Namun, ternyata menciptakan hal yang sederhana itu tidak mudah. Di situ tantangannya." 

Thanks mas sudah berbagi :)

No comments:

Find Me on Instagram