Keseruan Berawal dari Kata Book Club Meetup Januari sampai Maret 2018


Berawal dari suka membaca. Berawal dari kecintaan pada buku. Berawal dari rasa ingin terus membaca dan mendapatkan referensi buku bagus. Berawal dari ingin bisa diskusi dengan lebih sering dan dengan lebih banyak teman pecinta buku. Berawal dari ingin punya lebih banyak teman yang bisa diajak ke event literasi bersama. Maka "Berawal dari Kata Book Club" dibuat dengan mengangkat tema buku yang berbeda-beda tiap bulan pastinya.

Kami hanya sekumpulan orang yang menyisihkan waktu sebulan sekali untuk duduk bersama dan membagi pengalaman kami membaca buku yang menggerakkan hati kami. Berikut ini keseruan perjumpaan kami selama tiga bulan ini.


Meetup di bulan Januari, berbagi pengalaman membaca buku puisi


photo credit: Resty Amalia
Beberapa tahun belakangan ini, banyak buku puisi yang terbit dan banyak penyair baru yang hadir meramaikan dunia literasi. Karena itu, kami pun begitu antusias membicarakannya di bulan pertama pertemuan kami ini. Buku-buku puisi yang kami diskusikan antara lain, "Fragmen" karya Goenawan Mohamad, "Hujan Bulan Juni" karya Sapardi Djoko Damono, "Keajaiban Paling Hebat di Dunia" karya Arafat Nur, "Brushing Mom's Hair" karya Andrea Cheng, "The Toothbrush and the Tire" karya Sarah Kay, dan lain-lain.
photo credit: Resty Amalia
Kami pun mendiskusikan berbagai gaya kepenulisan puisi yang diusung oleh tiap penyair dalam buku yang kami diskusikan. Tema yang diangkat, latar belakang puisi, dan juga penyairnya pun sangat menarik bagi kami sehingga kami diskusikan juga.

Meetup di bulan Februari, berbagi pengalaman membaca buku kumpulan cerita pendek bertemakan cinta


photo credit: Resty Amalia

Di bulan Februari, kami sepakat untuk berbagi buku-buku kumpulan cerita pendek yang bertemakan cinta. Buku-buku yang kami diskusikan antara lain adalah buku karya Eka Kurniawan "Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi", Angelina Enny "Nokturnal Melankolia", Kumpulan Cerita Pendek Terbaik Kompas 2017, dan beberapa buku cerita pendek antologi yang sangat layak untuk kami baca.

Meetup di bulan Maret, berbagi pengalaman membaca buku fiksi yang menarik bagi kami

photo credit: Resty Amalia

Di tengah siang yang hujan, kami merapat di sebuah kedai kopi di kawasan Cikini. Kali ini, kami membaca beberapa buku fiksi yang belakangan kami baca dan begitu menggerakkan hati kami, di antaranya "Na Willa" oleh Reda Gaudiamo, "Teman Tapi Menikah" oleh Ayudia Bing Slamet, "And Every Morning The Way Home Gets Longer and Longer" oleh Fredrik Backman, "Pulang" oleh Carolina Ratri. Seperti biasanya, tak hanya membahas buku yang kami bawa saja, kami juga membahas banyak buku fiksi lain yang menurut kami bagus dan layak baca.

photo credit: Renita

Bulan selanjutnya, yaitu April, kami akan berkumpul kembali. Semoga dengan teman-teman yang lebih banyak agar makin seru diskusinya. Kami berencana akan mendiskusikan kembali buku fiksi yang kami sukai dan layak tema-teman lain baca. 

Jika kamu ingin bergabung, duduk-duduk santai dan ngobrol seru tentang buku, sila intip dan tunggu informasinya di akun Instagram kami @berawaldarikata. Ini bukan kumpulan perempuan kok. Hehehe. Kebetulan saja yang sering datang itu perempuan. Kami dengan senang hati menanti kehadiranmu.


Salam hangat,


No comments:

Find Me on Instagram