Cara Asyik dan Seru untuk Datang ke Festival Musik

Photo credit: Marcus Neto

Saking seringnya datang ke acara musik semacam konser atau festival musik, membuat saya tergerak untuk menulis tentang hal ini. Selama ini sudah banyak sekali konser atau festival musik yang saya datangi. Saya pun tak lagi bisa mengingat jumlah tepatnya. Dari beberapa kali saya datang ke festival musik, saya juga belajar beberapa hal. Sepertinya menarik juga kalau hasil belajar saya dibagikan agar pengalaman pembaca ke acara musik seperti ini makin menyenangkan dan memuaskan.

1. Jaga Kesehatan

Berdasar pengalaman saya, ini poin terpenting karena saya beberapa kali gagal untuk datang ke acara musik dikarenakan sakit atau mengalami kejadian yang tidak diharapkan. Apalagi tak sedikit festival musik sering kali diadakan di luar ruangan. Berdoalah jika tidak turun hujan. Beberapa Festival Musik selalu diadakan di musim hujan. Misalnya, Jazz Goes To Campus, Universitas Indonesia dan Ngayogjazz, Jogja. Datang ke festival musik juga membutuhkan stamina yang prima karena akan membuatmu berdiri dan berjalan lama.

2. Lebih Nyaman untuk Membeli Tiket Secara Online

Lebih aman jika membeli tiket online melalui situs resmi festival musik tersebut. Sekarang ini, membeli tiket konser atau acara musik lainnya dipermudah dengan layanan membeli tiket online. Acara-acara besar biasanya memiliki situs dan sistem yang baik dalam melayani pembelian tiket. Jadi, manfaatkanlah. Ketika membeli tiket secara online, biasanya kamu akan diminta untuk mentransfer uang dan kemudian panitia acara tersebut akan mengirimkan tiketnya melalui e-mail. Menurut saya ini sangat mempermudah kita. Kita tak perlu repot-repot untuk mengantri di loket atau mengantri ketika menukarkan tiket. Tapi, pastikan kamu membelinya melalui situs resmi.

3. Gunakanlah Alas Kaki yang Nyaman

Di beberapa festival musik yang diadakan outdoor dan di musim hujan, sandal adalah pilihan terbaik untuk kita gunakan. Pernah beberapa kali saya datang ke festival musik yang diadakan di luar ruangan dengan menggunakan sepatu. Akhirnya ketika hujan turun, sepatu saya pun basah dan membuat saya kedinginan dan tidak merasa nyaman selama ada di sana. Jika menginginkan menggunakan sepatu, ada baiknya membawa sandal sebagai cadangan. Jadi, ketika hujan turun, kamu bisa mengganti sepatumu dengan sandal. 

Alas kaki yang nyaman juga berguna jika kamu datang ke festival musik indoor semacam Java Jazz Festival. Alas kaki yang nyaman sangat dibutuhkan karena ketika di festival tersebut kamu harus berjalan berpindah dari satu stage ke stage yang lain. Kamu pun akan banyak berdiri dan berjalan sepanjang acara.

4. Bawalah Jas Hujan

Tak perlu membawa payung. Inilah tantanganmu ketika datang ke festival musik yang diadakan outdoor dan di musim hujan. Karena ketika hujan turun di mana konser musik berlangsung, banyak orang yang kemudian membuka payungnya sambil menonton konser. Hal ini membuat nyaman mereka yang membawa payung, tetapi membawa ketidaknyamanan bagi yang lain yang ada di belakangnya. Orang yang ada di belakangnya tak bisa melihat ke arah panggung dengan jelas. Jas hujan menjadi pilihan yang lebih baik. Nyaman bagi si pembawa jas hujan dan juga tak merugikan orang lain.

5. Bawalah Air Minum dan Camilan Secukupnya

Air dan camilan sangat penting untuk dibawa ke mana-mana ketika datang ke acara seperti ini. Jangan sampai kamu kelaparan dan kehausan ketika kamu asyik menikmati penampilan musisi favoritmu. Tapi, alangkah baiknya kamu mencari tahu sebelum acara apakah membawa air minum dan camilan diperbolehkan di festival tersebut karena beberapa festival musik tidak memperbolehkan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar venue. Kalau tidak diperbolehkan membawa dari luar venue, kamu pun masih bisa membeli makanan dan minuman di food court atau stand jajanan yang biasanya ada di dalam area festival.


6. Isi Penuh Baterai Kameramu dan Power Bankmu

Akan banyak momen yang pastinya ingin kamu abadikan. Jadi, isilah penuh baterai kameramu dan power bankmu serta pastikan baterai hand phonemu terisi penuh. Pastinya akan sangat menyebalkan jika baterai hand phone atau kameramu habis di saat musisi favoritmu beraksi atau di saat kamu menemukan momen menarik untuk diabadikan melalui foto atau video.


7. Makanlah Sebelum Datang ke Acara Tersebut atau Sebelum Menonton Musisi Favoritmu Beraksi dan ke Toilet Sebelum Menuju ke Stage Tujuanmu

Poin ini terdengar sepele, tapi sebenarnya penting juga. Untuk menuju stage yang diinginkan dan mendapatkan posisi yang nyaman tak selalu mudah dan sering kali butuh usaha lebih. Jangan sampai ketika kamu sudah sampai di stage musisi yang sudah ditunggu-tunggu dan mendapatkan posisi yang nyaman, tiba-tiba kamu kelaparan atau ingin ke toilet. Untuk mendapatkan posisi sebelumnya pastilah sulit. Menahan lapar dan rasa ingin buang air pun jadi pengganggu keseruanmu.

8. Jangan Tamak atau Serakah

Nah, ini adalah salah satu nilai yang sangat saya dapat dan pelajari dari banyak datang ke festival musik. Panitia festival pastinya mengatur jadwal tampil dengan penuh strategi. Mereka pastinya menyebar para penampil dengan seimbang di tiap stagenya. Sering kali ada beberapa musisi papan atas yang kita nantikan dan sukai tampil di waktu yang bersamaan, namun di stage yang berbeda.

Jika ini terjadi, biasanya saya nikmati setengah-setengah. Ini saya lakukan jika posisi stage masih berdekatan. Namun, jika posisi stage berjauhan, saya realistis saja. Saya mengutamakan yang paling saya suka atau belum pernah saya tonton live performancenya. 

Jika kamu tamak dan mau semuanya, seperti bertindak tak mau rugi, sering kali kamu malahan tak dapat pengalaman yang menyenangkan sama sekali. Untuk penampilan utama, area sekitar stage biasanya sudah penuh sesak dari beberapa menit bahkan satu jam sebelum penampilan. Bayangkan jika kamu masih memaksakan diri pindah dan masuk ke area stage yang lain. Yang ada kamu hanya bisa menikmatinya dari jauh dan hanya berbagi keriuhan di barisan penonton paling belakang. Kalau saya, lebih memilih bisa menikmati penampilan musisi yang saya suka dari jarak yang tak terlalu jauh dan posisi yang nyaman. Tapi, semua kembali ke pilihan dan nyamannya kamu ya.

Nah, adakah tips lain yang bisa kamu bagikan berdasarkan pengalaman kamu? Jika ada, silakan bagikan di kolom komentar ya :)


No comments:

Find Me on Instagram