Kelas Memasak Camilan Khas Brazil, ‘Brigadeiro’, Bersama Yasminn


Yasminn menunjukkan pada siswa kelas 2 bagaimana cara membuat Brigadeiro.

Beberapa waktu yang lalu, murid-murid saya di kelas 2 Alexandria berkumpul di kantin bersama kelas 2 yang lain, London dan Amsterdam untuk mengikuti kelas memasak bersama Yasminn, siswi pertukaran pelajar di sekolah tempat saya mengajar yang berasal dari Brazil. Kebetulan Yasminn memang sedang melakukan kegiatan berbagi kebudayaan ke kelas-kelas lain. Nah, siswa kelas 2 mendapat kesempatan untuk diajari Yasminn memasak camilan khas dari Brazil, Brigadeiro. Namanya memang asing di telinga orang Indonesia. Ini sejenis chocolate ball yang dibalur dengan macam-macam bahan seperti meses, sprinkle, keju, kacang, kenari, almond, dan lain-lain (sesuai selera penikmatnya). Yasminn bilang bahwa camilan ini sangat terkenal dan sangat mudah dijumpai di Brazil seperti café, coffee shop, mall, dan lain-lain. Camilan ini juga banyak disajikan di berbagai macam acara seperti natal, ulang tahun, pesta keluarga, dan acara kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga. Yaa, mudah dijumpai karena memang sangat popular di sana dan banyak disukai oleh berbagai macam usia, dari anak-anak sampai orang dewasa. Berikut ini saya bagikan resep yang Yasminn berikan kepada saya. Siapa tahu ada yang ingin mencoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1 kaleng susu kental manis
3 sendok makan cocoa powder
1 sendok makan butter
Untuk baluran: bisa meses, sprinkle, keju, kacang, kenari, almond, dan lain-lain (sesuai selera)

Cara membuat:
- Panaskan pan dan masukkan bahan-bahan (susu kental manis, cocoa powder, butter)
- Masak dengan api sedang. Aduk-aduk terus sampai adonan menjadi kental (seperti dodol, memisah dengan pan). Untuk catatan, jangan sampai berhenti mengaduk agar adonan tidak gosong.
- Jika adonan sudah seperti adonan dodol yang memisah dengan pan, taruh adonan di mangkuk dan dinginkan adonan sejenak. Jika sudah tidak terlalu panas, masukkan adonan ke dalam lemari es sekitar setengah jam (atau sampai adonan bisa dibentuk-bentuk).
- Setelah adonan sudah bisa dibentuk-bentuk, bentuk adonan bulat-bulat (ukuran sesuai selera). 
- Kemudian, balurkan adonan di meses, sprinkle, keju, kacang, kenari, almond, dan lain-lain (sesuai selera).
- Brigadeiro siap untuk dinikmati. Jika ingin dimasukkan ke dalam lemari es lagi juga bisa. 

Penampakan Brigadeiro jika sudah siap untuk dinikmati. Image was taken from www.leitesculinaria.com.

Berdasarkan pengalaman saya, anak-anak begitu antusias mencoba membuat, mencicipi, dan memperhatikan setiap langkah membuatnya karena cokelat sangat menarik bagi mereka.

Antusiasme anak-anak menunggu Brigadeiro matang.

Colek-colek cokelatnya terus. Hehehe....

Bentuk cokelatnya bulat-bulat dan dibaluri meses.


Selamat mencoba.

Resty Amalia

2 comments:

Jogjaready.com said...

minta dong.... camilannya...

Resty Amalia said...

Ayo coba buat. Gampang banget kok :)

Find Me on Instagram